Berita UtamaKabupaten Pesisir SelatanTERBARU

Pemerintah Nagari Ampangpulai Gali Saluran Irigasi Melalui Program Padat Karya Tunai DD

151
×

Pemerintah Nagari Ampangpulai Gali Saluran Irigasi Melalui Program Padat Karya Tunai DD

Sebarkan artikel ini

Pesisir Selatan — Pemerintah Nagari Ampangpulai, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan melakukan kegiatan Padat Karya Tunai Dana Desa 2022 menggali saluran irigasi yang berlokasi di Banda Kalumpang Kampung Sudut, Kampung Simpang nagari setempat.

Padat Karya Tunai Dana Desa adalah program pemerintah berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya yang miskin dan marginal, bersifat produktif yang mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk menambah pendapatan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat perdesaan.

Wali Nagari Ampangpulai, Efridinal, mengatakan, ” tujuan dari kegiatan Padat Karya Tunai Dana Desa itu adalah salah satunya untuk mengurangi pemnggangguran, dana tersebut kita mafaatkan untuk membersihkan dan menggali jalur irigasi yang sudah lama tidak berpungsi,”katanya dikantor wali nagari Ampangpulai, Senin, (12/9-2022)

” Jalur irigasi yang kita bersihkan itu ada panjangnya sekitar 530 Meter dan lebarnya sekitar 3 meter, ” ujarnya.

Ia berharap dengan berfungsinya jalur irigasi tersebut dapat memawa mafaat bagi petani sekitar sehingga sawah yang selama ini tidak produktif bisa menjadi sawah produktif.

” kita telah himbau kepada pemilik sawah yang ada disekitar dengan telah kita galinya saluran irigasi itu, hendaknya pemilik sawah yang selama ini tidak ditanami supaya difungsikan lagi,” himbaunya.

Selain memfungsikan lahan sawah yang tidak produktif, Untuk menjaga saluran tersebut tetap berfungsi dan bersih dia juga berharap dapat bantuan bibit ikan dari instasi terkait.(don)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *