Berita UtamaKabupaten Solok SelatanTERBARU

Pipa Land Aplikasi PT KSI Bocor, Dua Pindah Menunggu Hasil Mediasi

202
×

Pipa Land Aplikasi PT KSI Bocor, Dua Pindah Menunggu Hasil Mediasi

Sebarkan artikel ini

SOLSEL, RELASIPUBLIK – Kekelompok warga mendapati kebocoran pipa Land Aplikasi (LA) kelapa sawit pada lingkungan PT KSI (KENCANA SAWIT INDONESIA) pada tanggal 31 Agustus 2022. Akibat dari kebocoran pipa Land Aplikasi (LA) itu mengalir ke Rorak dan diduga menuju sungai terdekat.

Sebelumnya masyarakat sungai kunyit telah melaporkan kebocoran pipa itu pada Dinas Lingkungan Hidup Solok Selatan sehingga tim dari Dinas Lingkungan Hidup Solok Selatan lansung turun kelapangan pada tanggal 1 September untuk menindak lanjuti laporan masyarakat dan mengambil sample pada sungai yg diduga tercemar dan lokasi lokasi lain yang di aliri limbah tersebut

Terpisah awak media mengkonfirmasikan  kepada salah satu Humas PT KSI, Arfa menerangkan dan membenarkan adanya kejadian tersebut. Tapi beliau juga menjelaskan kejadian itu dipicu hilangnya sambungan pipa pada Rorak dan diduga ada unsur sabotase dari oknum yang tak bertanggung jawab terhadap perusahaan kemudian pihak perusahaan telah membuat laporan pengaduan ke kepolisian tentang hilangnya sambungan pipa itu yang menyebabkan bocornya Land Aplikasi.

Jumat 2 Des 2022 pihak masyarakat dan pihak perusahaan PT. KSI sepakat akan melakukan pertemuan kembali dengan didampingi mediator dan pihak verifikasi dalam hal ini Instansi Lingkungan Hidup terkait dan melibatkan stakeholder terkait yaitu pemerintah nagari. Dalam kesepakatan itu yang di ketengahi oleh dinas terkait Dinas Lingkungan Hidup yang dihadiri oleh Kadis LHK, Wirnoveri. ST, Ketua Bamus, Ketua Pemuda Nagari, Ketua KAN mewakili juga Sekretaris Nagari Sungai Kunyit, Sampai berita ini diturunkan kedua belah pihak menunggu hasil mediasi tersebut (ynt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *