Berita UtamaKabupaten Pesisir SelatanTERBARU

SMA Tertua di Ranah Pesisir, Ini Ceritanya..

351
×

SMA Tertua di Ranah Pesisir, Ini Ceritanya..

Sebarkan artikel ini

PESSEL – SMAN 1 Ranah Pesisir merupakan salah satu sekolah tertua dan unggul di Kecamatan Ranah Pesisir. Sekolah ini berdiri pada tahun 1975 yang beralamat di Jalan Limau Sundai, Kelurahan Pelangai Gadang, Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat. Sejak beberapa tahun yang lalu hingga sekarang SMAN 1 Ranah Pesisir memperoleh akreditasi “A” dari BAN-SM.

Saat ini, Kepala SMAN 1 Ranah Pesisir adalah Saswin, S.Pd., M.M. Sebagai sekolah unggul, SMAN 1 Ranah Pesisir memiliki visi, yaitu “bertakwa, berbudaya, cerdas, kompetitif, dan inovatif”, sedangkan misi sekolah tersebut ada delapan, yaitu: Pertama , taat menjalankan ibadah sesuai dengan ajaran agama masing-masing. Kedua , berbudi pekerti luhur dan berakhlak mulia. Ketiga, berkepribadian Indonesia. Keempat , dapat menyelesaikan pendidikan dengan hasil yang baik. Kelima , dapat diterima di perguruan tinggi yang berakreditasi, baik di dalam maupun di luar negeri. Keenam, dapat bersaing secara postif di bidang pengetahuan dan keterampilan. Ketujuh , dapat mengikuti perkembangan zaman sesuai dengan era globalisasi; dan. Kedepalan , menciptakan hal-hal baru yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan.

Adapun beberapa program studi yang dilayani oleh SMAN 1 Ranah Pesisir, yaitu Implmentasi Kurikulum Merdeka (IKM), Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), dan Ilmu-ilmu Sosial (IIS). Kemudian, SMAN 1 Ranah Pesisir juga memiliki kegiatan unggulan. Kegiatan unggulan itu adalah kelas unggulan yang terdiri dari tingkat X, IX, dan IIX.

Dikutip dari laman _sekolah.data.kemendikbud.go.id_ , bahwa SMAN 1 Ranah Pesisir memiliki 64 tenaga pendidik/guru. Kemudian, sekolah unggul ini memiliki 816 siswa, yang terdiri dari 337 siswa laki-laki dan 479 siswa perempuan. Selain itu, SMAN 1 Ranah Pesisir juga memiliki 29 rombangan belajar.

Tak hanya itu, SMA unggul ini juga menyediakan fasilitas yang lengkap di sekolah. Sebut saja fasilitas itu ialah ruang kelas; ruang perpustakaan; ruang laboraturium; ruang praktik, ruang pimpinan; ruang guru; ruang ibadah; ruang toilet; ruang UKS; ruang sirkulasi; ruang tata usaha; ruang konseling; ruang osis; ruang bangunan; ruang gudang; tempat olaraga; dan parkiran kendaraan roda dua ataupun roda empat. Semua fasilitas ini dapat digunakan oleh siswa, guru, dan staf sekolah dalam belajar dan bekerja di sekolah.

Di samping itu, SMAN 1 Ranah Pesisir juga menyediakan kegiatan ekstrakurikuler untuk siswa di sekolah. Tujuanya adalah untuk menambah pengetahuan/wawasan siswa, membentuk dan meningkatkan keterampilan siswa, serta membantu siswa dalam mengembangkan minat dan bakatnya masing-masing. Adapun beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang dapat diikuti oleh siswa di sekolah, di antaranya Paraja Muda Karana (Pramuka), Paskibraka, UKS, karatedo, taekwondo, basket ball, volly ball, dan randai. Pada umumnya, kegiatan-kegiatan tersebut diikuti oleh siswa pada sore hari setelah pulang sekolah. *[YLS]*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *