Berita UtamaKabupaten Pesisir SelatanPendidikanTERBARU

Selamat! 38 Siswa SMA Negeri 1 Ranah Pesisir Lulus PTN Jalur SNBP 2023

425
×

Selamat! 38 Siswa SMA Negeri 1 Ranah Pesisir Lulus PTN Jalur SNBP 2023

Sebarkan artikel ini

PESSEL, RELASIPUBLIK  – Sebanyak 38 siswa SMA Negeri 1 Ranah Pesisir dinyatakan lulus masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2023. Hal itu disampaikan oleh kepala SMA Negeri 1 Ranah Pesisir, Saswin, S.Pd., M.M. ketika diwawancarai oleh warta sekolah di ruang kerjanya, Selasa (16/05/2023).

“Alhamdulilah, siswa SMA Negeri 1 Ranah Pesisir banyak yang lulus masuk ke perguruan tinggi negeri melalui jalur SNBP tahun ini. Kita turut senang dan bangga mendengarnya,” Sebut Kepala SMA Negeri 1 Ranah Pesisir, Saswin, S.Pd., M.M.

Lebih Lanjut, Kepala SMA Negeri 1 Ranah Pesisir, Saswin, S.Pd. M.M. mengatakan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Jalur SNBP ini ialah pengganti nama jalur SNMPTN.

Jika dibandingkan dengan jumlah siswa yang lulus masuk ke perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN tahun 2022, bahwanya pada tahun 2023 ini mengalami peningkatan. Jumlah siswa yang lulus SNMPTN tahun 2022 adalah 29 orang, sedangkan jumlah siswa yang lulus tahun 2023 melalui jalur SNBP adalah 38 orang.

Menurut Kepala Sekolah, siswa yang lulus masuk ke perguruan tinggi melalui jalur SNBP 2023 di antaranya 29 orang berasal dari jurusan MIPA dan 9 orang berasal dari jurusan IIS. Adapun 9 perguruan tinggi yang ada di Indonesia berhasil dimasuki oleh siswa SMA Negeri 1 Ranah Pesisir, yaitu Universitas Andalas (10 orang), Universitas Negeri Padang (17 orang), Institut Pertanian Bogor (2 orang), Universitas Riau (2 orang), Universitas Jambi (1 orang), Politeknik Negeri Batam (1 orang), Politeknik Negeri Padang (2 orang), Universitas Singaperbangsa Karawang (2 orang), dan Poltekkes Kemenkes Padang (1 orang).

Sementara itu, jurusan yang diambil oleh siswa SMA Negeri 1 Ranah Pesisir di perguruan tinggi tersebut pun beragam. Agar lebih jelas, berikut ini adalah nama siswa, perguruan tinggi, dan jurusanya berdasarkan data siswa yang diterima di perguruan tinggi melalui jalur SNBP 2023.

Universitas Andalas
Aulia Ulfa Saydina (Teknologi Hasil Pertanian), Defka Rahmani (Agroteknologi), Nurul Afriani (Peternakan), Rahima Khairani (Proteksi Tanaman), Sakira Arrahmah (Agribisnis), Dila Juliandra (Sastra Indonesia), Alvin Putra Pratama (Penyuluhan Pertanian), Awlya Rahma Sadri (Ekonomi), Fidela Nathania Mirfi (Administrasi Publik), dan Jesen Hendri Saputra (Hukum)

Universitas Negeri Padang
Dara Nur Khalishah (Teknik Sipil), Dewinda Irfan Meyelsi (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini), Fadita Juwita Candri (Pendidikan Luar Biasa), Annisa Putri Rahayu (Pendidikan Sendratasik), Azizah Jumaita Ayu (Ilmu Administrasi Negara), Puja Oktavia Yosrianti (Pendidikan Ekonomi), Nurul Hanifa (Biologi), Tika Adni Tilova (Psikologi), Widia Khairun Afni (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini), Fingki Febriana (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), Lidia Maya Sari (Pendidikan Sosiologi), Muhammad Fadli. NZ (Teknik Mesin), Nafhizah Nabila Bila Helma Put. (Bahasa Inggris untuk Komunikasi Bisnis dan Profesi), Novita Rhamadhani (Ilmu Administrasi Negara), Rulli Mutia Fadila (Ekonomi Pembangunan), dan Jailani Pirlanda (Akuntansi)

Institut Pertanian Bogor
Vaneza Asyila Nurmaya (Teknologi dan Manajemen Perikanan Budidaya), Ghaitsa Adinda Fathimah (Teknologi Hasil Hutan)

Universitas Riau
Diza Ratnazeti (Kedokteran Hewan), Ririn Emza Putri (Pendidikan Luar Sekolah), dan Feno Jumadil Adha (Ilmu Administrasi Niaga)

Universitas Jambi
Dilla Rahma Fitri (Ilmu Keperawatan)

Politeknik Negeri Batam
Suci Permata Sari (Administrasi Bisnis Terapan)

Politeknik Negeri Padang
Annisa Jihan Rahmadani (Destinasi Pariwisata), dan Zahara Odelia (Administrasi Bisnis)

Universitas Singaperbangsa Karawang
Salsa Nabila Prasintya (Ilmu Gizi), dan Tasya Afriani Saputri (Farmasi)

Poltekkes Kemenkes Padang
Suci Ramadani (Promosi Kesehatan)
Di akhir pembicaraan, Kepala SMA Negeri 1 Ranah Pesisir, Saswin, S.Pd., M.M. berharap siswa SMA Negeri 1 Ranah Pesisir agar lebih banyak lagi lulus pada seleksi-seleksi selanjutnya atau seleksi lainnya untuk masuk ke perguruan tinggi negeri.

“Selamat kepada siswa yang telah lulus masuk ke perguruan tinggi melalui jalur SNBP. Saya doakan semoga siswa-siswi kita ini banyak yang lulus di jalur SNBT, SBMPN, dan julur UMPTKIN,” pukasnya. [Adpus].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *