Berita UtamaDaerahKabupaten Tanah DatarTERBARU

Dihadiri Banyak Tokoh Nasional, Pembukaan Festival Sumpah Sati Bukik Marapalam Berlangsung Sukses dan Meriah

250
×

Dihadiri Banyak Tokoh Nasional, Pembukaan Festival Sumpah Sati Bukik Marapalam Berlangsung Sukses dan Meriah

Sebarkan artikel ini
Festival Sumpah Sati Bukik Marapalam pada Sabtu (17/6) di objek wisata Puncak Pato, Nagari Batu Bulek Kecamatan Lintau Buo Utara. (Foto dok/d13).

Relasipublik, Tanah Datar – Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM membuka secara resmi Festival Sumpah Sati Bukik Marapalam pada Sabtu (17/6) di objek wisata Puncak Pato, Nagari Batu Bulek Kecamatan Lintau Buo Utara.

Dalam sambutannya Bupati Eka Putra menyampaikan apresiasi kepada seluruh panitia dan masyarakat Lintau Buo Utara yang telah berpartisipasi aktif sehingga acara ini berlangsung sukses.

” Gaung Festival ini sudah berkembang ke seluruh pelosok negeri. Ini dibuktikan dengan kehadiran tokoh- tokoh nasional seperti, Prof.Refly Harun, Bachtiar Chamsyah, Jendral Gatot Nurmantyo,Profesor Hafiz Abbas, Fauzi Bahar, Kolonel Kelly Jr dan Ketua Ikatan perantauan Lintau Buo Utara se-Nusantara.
Hadir juga Bupati Tanah Datar periode 2005-2010 M.Shadiq Pasadigoe, Bupati sisa jabatan 2020-2021 Zuldafri Darma, Forkopimda, para pejabat vertikal, Kepala BUMN/BUMD, Pimpinann OPD dan undangan lainnya” ujar Bupati.

Lebih lanjut Eka Putra menyampaikan, bahwa Festival Sumpah Sati Bukik Marapalam tidak hanya menyajikan pesona dan keindahan alam tetapi juga menampilkan kesenian, kuliner, adat, budaya khas dan juga produk produk unggulan Lintau Buo Utara. Bupati juga berharap melalui Festival ini mampu untuk lebih menggali, mengembangkan, dan mempromosikan budaya yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Tanah Datar.

Sebelumnya Wali Nagari Batu Bulek Andi Musda dalam laporannya menyampaikan Festival Sumpah Sati Bukik Marapalam ini merupakan bentuk dukungan pemerintahan nagari Batu Bulek serta masyarakat Lintau Buo Utara dalam mensukseskan Program Unggulan Satu Nagari Satu Event.

‘”Tema ini diambil untuk mengingatkan kembali bahwa disinilah tempat diikrarkannya Sumpah Sati atau dikatakannya Filosofi orang Minang yaitu Adat Basandi Syara, Syara Basandi Kitabullah” ulas Andi.

Wali Nagari juga menjelaskan bahwa pendanaan acara ini bersumber dari APBD dan juga Dana Desa/ Nagari. Terakhir Wali Nagari mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh panitia dan masyarakat yang telah mendukung acara ini.

Festival ini juga diisi dengan pawai, penampilan sendratari Sumpah Sati Bukik Marapalam, kesenian anak nagari dan juga tari kolosal. (d13)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *