BeritaBerita UtamaDaerahKabupaten Tanah DatarTERBARU

Ny. Lise Eka Putra : PPKBJ dan Sub PPKBJ Punya Andil Besar Dalam Penanganan Stunting

179
×

Ny. Lise Eka Putra : PPKBJ dan Sub PPKBJ Punya Andil Besar Dalam Penanganan Stunting

Sebarkan artikel ini
Ny. Lise Eka Putra saat acara silaturahmi dan penyerahan transparan bagi Kader Pembantu Pembina Keluarga Berencana Jorong (PPKBJ) dan Sub PPKBJ Kecamatan Sungayang dan Sungai Tarab di Aula kantor Camat Sungai Tarab pada Selasa (2/4). (Foto dok/d13)

TANAH DATAR, RELASI PUBLIK – Stunting merupakan kondisi yang ditandai dengan kurangnya tinggi badan anak apabila dibandingkan dengan anak-anak seusianya. Sederhananya, stunting merupakan sebutan bagi gangguan pertumbuhan pada anak. Penyebab utama dari stunting adalah kurangnya asupan nutrisi selama masa pertumbuhan anak.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra pada acara silaturahmi dan penyerahan transparan bagi Kader Pembantu Pembina Keluarga Berencana Jorong (PPKBJ) dan Sub PPKBJ Kecamatan Sungayang dan Sungai Tarab di Aula kantor Camat Sungai Tarab pada Selasa (2/4).

“PPKBJ dan Sub PPKBJ merupakan perpanjangan tangan pemerintah khususnya Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) dalam pelaksanaan program pengendalian penduduk, keluarga berencana maupun mewujudkan ketahanan keluarga terutama dalam penanganan Stunting.

PPKBJ dan Sub PPKBJ merupakan salah satu ujung tombak pemerintah daerah dalam melakukan tugas-tugas kependudukan karena bersentuhan langsung dengan masyarakatnya ” urai Lise.

Lebih lanjut Ketua TP PKK Tanah Datar juga berharap kepada seluruh kader untuk bekerjasama dan mendukung program Pemerintah Daerah salah satunya dalam penurunan Stunting di Tanah Datar menuju Generasi Emas 2045.

” Masih banyak Pekerjaan Rumah (PR) kita. Untuk itu mari bersama-sama menurunkan angka Stunting sampai pada angka 14%, cegah pernikahan dini, memberikan pemahaman kepada generasi muda dan ibu hamil untuk mengkonsumsi Pil Penambah Darah, menggerakkan Posyandu dengan menimbang dan memberikan Imunisasi secara rutin demi Generasi Emas tahun 2045 ” ulas Lise.

Sebelumnya Kepala Dinas PMDPPKB Tanah Datar yang diwakili Sekretaris Herru Rahman, S.STP dalam sambutannya menyampaikan bahwa transportasi kader PPKBJ dan Sub PPKBJ diberikan untuk bulan Januari- Maret 2024.

“Kabar baik hari ini adalah untuk tahun 2024 transportasi kader naik sebesar 50% ( dari 50 ribu naik menjadi 75 ribu rupiah). Ini semua tak lepas dari perjuangan Ketua TP PKK kita yang telah menyampaikan aspirasi kader kepada Pemerintah Daerah yang dalam hal ini Bupati Tanah Datar Bapak Eka Putra. Pemerintah Daerah sudah berusaha untuk menaikkan transportasi 100%, namun karena keterbatasan anggaran maka baru bisa memenuhi 50%” ujar Herru.

Herru juga menyampaikan, sebagai bukti apresiasi dan penghargaan kepada para kader Pemerintah Daerah juga memberikan seragam baru bagi para PPKBJ dan Sub PPKBJ se-Tanah Datar.

Turut hadir pada kegiatan ini Kepala Dinas Kesehatan Yesrita Zedrianis, Perwakilan Bappeda Litbang Ali Arman, Kabid PPKB Reri Warman, Penata Kependudukan dan KB Novendriza, Camat Sungai Tarab dan ketua TP-PKK, serta Koorlap KB kecamatan Sungayang dan Sungai Tarab. (d13)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *