BeritaBerita UtamaDaerahKabupaten SolokTERBARU

Pemerintah Kabupaten Solok Gelar Pembinaan Seni Tradisi Randai di SMA Negeri 1 Junjung Sirih

107
×

Pemerintah Kabupaten Solok Gelar Pembinaan Seni Tradisi Randai di SMA Negeri 1 Junjung Sirih

Sebarkan artikel ini
Grup Randai SMA Negeri 1 Junjung Sirih. (Foto dok/A2)

KAB SOLOK, RELASI PUBLIK –  Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Solok menunjukkan komitmennya dalam menjaga dan melestarikan seni tradisi di nagari-nagari di Kabupaten Solok.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengadakan pembinaan seni tradisi Randai di SMA Negeri 1 Junjung Sirih pada hari ini, Selasa, (21/5/24)

Acara ini dihadiri oleh pamong budaya Wirasto SH, tim ahli Randai Arizal Sutan Mudo, serta staf dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Kepala sekolah SMA Negeri 1 Junjung Sirih, Drs. Dasril, menyambut baik kegiatan ini dan menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran Disparbud Kabupaten Solok.

“Kami sangat berterima kasih atas kehadiran Disparbud Kabupaten Solok. Grup Randai SMA Negeri 1 Junjung Sirih telah beberapa kali mengikuti festival Randai tingkat provinsi dan berhasil meraih beberapa juara,” ujar Drs. Dasril.

Ia juga menyampaikan bahwa SMA Negeri 1 Junjung Sirih merencanakan Randai sebagai salah satu ikon sekolah ke depannya.

“Salah satu ciri khas dari Randai SMA Negeri 1 Junjung Sirih adalah penggunaan alat musik Talempong kayu yang berasal dari Tigo Lurah. Kami berharap agar Randai yang ada saat ini bisa berkelanjutan untuk generasi berikutnya,” tambahnya.

Pamong budaya Wirasto SH turut mengucapkan terima kasih atas undangan dari SMA Negeri 1 Junjung Sirih.

“Kami sangat menghargai undangan ini. Ini merupakan silaturahmi dan pembinaan kesenian perdana untuk sekolah di tahun ini,” katanya.

Ia juga menyampaikan bahwa Disparbud Kabupaten Solok siap untuk membina seni tradisi di sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Solok, tentunya sepanjang ada undangan dari sekolah tersebut.

Pembinaan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan para siswa dalam seni Randai, yang merupakan salah satu warisan budaya yang kaya akan nilai-nilai kearifan lokal. Diharapkan melalui kegiatan ini, para siswa dapat lebih menghargai dan melestarikan budaya tradisional mereka.

Kegiatan pembinaan ini diharapkan dapat menjadi salah satu langkah penting dalam upaya pelestarian seni tradisi Randai di Kabupaten Solok, khususnya di kalangan generasi muda. (A2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *