Berita UtamaOpiniTERBARU

Manajemen Keuangan UMKM Toko Pulsa Taufik Cell

50
×

Manajemen Keuangan UMKM Toko Pulsa Taufik Cell

Sebarkan artikel ini

Oleh:Khairatu Husna (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas)

Toko Pulsa Taufik Cell didirikan oleh Pak Chandra pada Februari 2006 di Lubuk Buaya. Ide mendirikan toko ini muncul setelah Pak Chandra berkunjung ke toko pulsa milik temannya, yang membuatnya menyadari bahwa pulsa merupakan kebutuhan banyak orang.

Sejak itu, Taufik Cell telah berkembang dengan beberapa cabang. Untuk mengelola keuangan dengan lebih baik, Pak Chandra memutuskan menggunakan laporan keuangan harian.

Manajemen keuangan adalah aspek penting bagi setiap usaha, terutama untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dengan pengelolaan yang baik, UMKM dapat meningkatkan daya saing, efisiensi, dan keberlanjutan usaha mereka.

Manajemen keuangan juga merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, dan pemantauan keuangan dalam suatu usaha untuk memaksimalkan nilai dan mencapai tujuan keuangan jangka panjang.

Tujuan utama dari manajemen keuangan adalah meningkatkan profitabilitas, menjaga stabilitas keuangan, dan agar dapat membuat keputusan yang cerdas dan tepat.

Toko pulsa merupakan salah satu jenis usaha yang berkembang pesat, seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan layanan telekomunikasi. Agar bisnis ini tetap berkelanjutan dan menguntungkan, manajemen keuangan yang baik sangat penting. Salah satu cara terbaik dalam manajemen keuangan toko pulsa adalah menggunakan laporan keuangan setiap hari.

Laporan keuangan harian memberikan gambaran yang jelas tentang kondisi keuangan toko pulsa.
Dengan mencatat pendapatan dan pengeluaran setiap hari, pemilik usaha dapat memantau arus kas secara real-time. Hal ini membantu dalam pengambilan keputusan yang cepat dan tepat.

Dalam bisnis pulsa, arus kas adalah hal yang sangat krusial. Dengan mencatat semua transaksi secara rinci dalam laporan keuangan harian dapat membantu dalam menghindari masalah likuiditas, yang dapat mengganggu operasional toko. Misalnya, jika ada pengeluaran mendesak, pemilik dapat merencanakan dengan lebih baik apakah perlu menunggu pendapatan dari penjualan berikutnya.

Bapak Chandra selaku pemilik Toko Pulsa Taufik Cell mengatakan bahwa, “laporan keuangan ini penting juga untuk memperhatikan stock penjualan kartu perdana, voucher kuota, kabel data, dan sebagainya agar bisa menetukan kapan kita harus menambah stock dan stock apa yang harus ditambah”.

Karyawan juga mengatakan “saya merasa lebih dimudahkan dengan adanya laporan setiap harinya sangat memudahkan dalam pengeolaan keuangan dan bisa meningkatkan kepercayaan antara sesama karyawan”.

Konsumen berpendapat “saya suka, mereka punya banyak pilihan pulsa dan paket data, jadi mudah banget untuk menemukan yang saya butuhkan. Mereka juga tidak hanya menjual pulsa dan paket data namun juga ada kabel USB, earphone, charger, dan keperluan lainnya”.

Toko pulsa bisa menjadi sumber pendapatan yang baik, terutama di daerah dengan permintaan tinggi. Ini juga dapat membantu meningkatkan ekonomi lokal dan menciptakan lapangan pekerjaan. Banyak toko pulsa juga menawarkan promosi dan diskon, serta menjual aksesori ponsel dan layanan tambahan, menjadikannya tempat yang praktis dan efisien bagi konsumen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *