BeritaKota Solok

Dinas Pendidikan Kota Solok Gelar Sosialisasi dan Pembinaan Petugas Keamanan Sekolah

14
×

Dinas Pendidikan Kota Solok Gelar Sosialisasi dan Pembinaan Petugas Keamanan Sekolah

Sebarkan artikel ini

Kota Solok,relasipublik – Dinas Pendidikan Kota Solok mengadakan sosialisasi dan pembinaan bagi petugas keamanan sekolah.

Acara ini diikuti oleh kepala sekolah dan petugas pengamanan dari sekolah menengah pertama (SMP) baik negeri maupun swasta se-Kota Solok.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Solok, Irsyad, dalam sambutannya menekankan pentingnya peran petugas keamanan dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan kondusif.

“Pendidikan yang aman adalah pondasi bagi lingkungan belajar yang kondusif. Kami berharap sosialisasi ini dapat meningkatkan profesionalisme dan kesadaran akan pentingnya tugas pengamanan di lingkungan sekolah,” ujar Irsyad, Sabtu (19/10/24)

Pembinaan ini juga menghadirkan AKP Jufrinaldi dari Polres Solok sebagai narasumber yang memberikan berbagai materi terkait pengamanan di lingkungan sekolah.

Salah satu topik yang disampaikan adalah perubahan seragam Satpam yang diatur dalam Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2023, yang merupakan pembaruan dari Peraturan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa.

Sosialisasi mengenai perubahan seragam ini sudah dimulai sejak Agustus 2023 kepada pihak-pihak terkait.

Selain itu, AKP Jufrinaldi juga menyampaikan materi tentang tugas pokok Satpam, yang mencakup penjagaan, patroli, serta pengamanan orang dan aset.

Ia menekankan bahwa tugas Satpam tidak hanya sebatas menjaga keamanan fisik, tetapi juga memberikan pelayanan yang ramah dengan menerapkan prinsip senyum, sapa, dan salam kepada setiap pengunjung sekolah.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan profesionalisme para petugas keamanan dalam menjaga keamanan di lingkungan sekolah, sehingga tercipta suasana belajar yang aman dan nyaman bagi para siswa. (A2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *