BeritaKabupaten Solok

Gladi Resik Penampilan Nagari Saok Laweh di TMII Jakarta: Siap Tampilkan Seni Budaya Solok

23
×

Gladi Resik Penampilan Nagari Saok Laweh di TMII Jakarta: Siap Tampilkan Seni Budaya Solok

Sebarkan artikel ini
Plt bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Wirasto menghadiri gladi resik di Saok Laweh (dok foto A2)

Kab. Solok,relasipublik – Gladi resik persiapan penampilan seni budaya untuk acara di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta digelar hari ini, di Kantor Wali Nagari Saok Laweh, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, Sabtu (19/10/24)

Kegiatan ini dihadiri sejumlah tokoh penting, termasuk perwakilan dari Kedutaan negara sahabat, Badan Penghubung Provinsi di Jakarta, serta Badan Penghubung Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Sari Anggaraini. Selain itu, hadir pula Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok yang diwakili oleh Plt Kabid Kebudayaan Wirasto, SH, Wali Nagari, Ketua KAN, Bundo Kanduang, Niniak Mamak, dan Pemuda Nagari Saok Laweh.

Sari Anggaraini, dalam keterangannya, mengungkapkan bahwa penampilan seni budaya dari Kabupaten Solok, yang diwakili oleh Nagari Saok Laweh, akan dipertunjukkan di hadapan duta besar dari 50 negara sahabat.

“Kami ingin memastikan bahwa penampilan ini benar-benar siap untuk memperkenalkan seni dan budaya dari Kabupaten Solok, karena akan disaksikan oleh penonton dari berbagai negara,” ujarnya.

Wali Nagari Saok Laweh, Irwin Saputra, menyampaikan rasa terima kasihnya atas kesempatan yang diberikan kepada Nagari Saok Laweh untuk tampil di TMII.

“Ini adalah peluang besar bagi kami untuk mempromosikan seni dan budaya dari Kabupaten Solok,” tuturnya.

Sementara itu, Wirasto SH, perwakilan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok, menjelaskan bahwa penampilan yang direncanakan pada tanggal 8 dan 9 November 2024 akan melibatkan 80 orang.

Mereka akan membawakan berbagai pertunjukan seni dan budaya, termasuk tunduak, silek, tari pasambahan, tari galombang, randai, serta berzanji.

“Kami melibatkan seluruh unsur masyarakat di Nagari Saok Laweh, dan berharap penampilan ini semakin memperkuat keberadaan seni dan budaya, khususnya di Nagari Saok Laweh, dan umumnya di Kabupaten Solok,” ujar Wirasto.

Acara gladi resik ini berlangsung dengan semangat tinggi, mengingat besarnya kesempatan untuk memperkenalkan kekayaan budaya Kabupaten Solok kepada dunia. (A2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *