Berita UtamaDaerahKota SawahluntoTERBARU

Temui Menteri BUMN dan Menkes, Wako Deri Asta Sampaikan Permintaan Pemanfaatan Lahan Pasca Tambang dan Peningkatan DAK Kesehatan

103
×

Temui Menteri BUMN dan Menkes, Wako Deri Asta Sampaikan Permintaan Pemanfaatan Lahan Pasca Tambang dan Peningkatan DAK Kesehatan

Sebarkan artikel ini

JAKARTA, RELASIPUBLIK -Walikota Sawahlunto Deri Asta menemui Menteri BUMN Erick Tohir dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin guna menyampaikan permintaan bantuan dari 2 Kementerian tersebut untuk pembangunan kota dan pelayanan masyarakat di Kota Sawahlunto.

Pertemuan Walikota Deri Asta dengan Menteri BUMN dan Menteri Kesehatan itu dilaksanakan pada Selasa 30/3  kemarin  di Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut,  dihadapan Menteri BUMN Erick Tohir, Deri Asta menyampaikan  permintaan untuk bisa memanfaatan lahan pasca tambang BUMN di Sawahlunto. ini termasuk hal yang strategis sebab jika lahan tersebut bisa dimanfaatkan Sawahlunto dengan optimal maka akan berdampak besar pada pembangunan kota. Ujarnya.

“Alhamdulillah, pak Erick Tohir merespons positif ekspose dan permintaan kita itu. Beliau menyatakan segera melakukan rapat koordinasi antar Kementerian dan lembaga negara serta BUMN terkait untuk tindak lanjutnya tentang pemanfaatan lahan pasca tambang tersebut,” kata  Deri Asta.

Selain permintaan pemanfaatan lahan pasca tambang BUMN itu,  Deri Asta juga meminta beberapa hal lain terutama agar perhatian dan bantuan dari BUMN pada Kota Sawahlunto dapat lebih ditingkatkan.

Sementara itu,  dalam pertemuan dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Deri Asta menyampaikan permintaan terkait penambahan Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang kesehatan dan undangan agar Menteri Kesehatan dapat melakukan peresmian Public Safety Center (PSC) Kota Sawahlunto.

“Kita jelaskan pada pak Menteri bahwa Sawahlunto membutuhkan tambahan  DAK bidang kesehatan, agar kita bisa  meningkatkan kualitas Puskesmas, Rumah Sakit, sampai sarana pra – sarana dan infrastruktur penunjang kesehatan lainnya,” sebut  Deri Asta.

Menanggapi permintaan tersebut, Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan akan membantu program percepatan pembangunan kesehatan  di Sumatera Barat termasuk Kota Sawahlunto. Sehingga pemerataan pembangunan kesehatan yang direncanakan oleh Presiden Joko Widodo bisa terealisasi dengan baik dan berdampak pada kesejahteraan rakyat.

“Prinsipnya kami akan membantu, tapi karena saat ini ada refocusing atau pemotongan anggaran untuk COVID – 19 maka belum bisa semua kami bantu, jadi untuk saat ini saya akan bantu bagi kabupaten/kota yang fasilitas kesehatannya tidak lengkap,”  jelas Budi Gunadi Sadikin..

Dalam pertemuan Walikota Sawahlunto  Deri Asta dengan 2 menteri tersebut di fasilitasi oleh Anggota Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade.

“Kita berterimakasih kepada bapak Andre Rosiade, beliau yang memfasilitasi kita untuk dapat menghadap langsung pada Menkes dan Menteri BUMN ini. Pak Andre telah melakukan berbagai upaya dengan posisinya di DPR RI untuk membantu Kota Sawahlunto,” pungkas Deri Asta.(Jun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *