Berita UtamaKota SawahluntoTERBARU

Food Bus ACT Singgah di Sawahlunto, Beri Makanan Bergizi Untuk Pelajar SD dan Panti Asuhan

143
×

Food Bus ACT Singgah di Sawahlunto, Beri Makanan Bergizi Untuk Pelajar SD dan Panti Asuhan

Sebarkan artikel ini

SAWAHLUNTO, RELASIPUBLIK

Sebanyak. 300 porsi makanan siap saji dan bergizi diberikan oleh Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) kepada pelajar SD dan Panti Asuhan di Sawahlunto, pada Sabtu 16 /10 , dengan penyerahan secara simbolis dipusatkan di Lapangan Parkir Balaikota. Makanan siap saji dan bergizi ini dibuat di ‘food bus’ atau ‘dapur berjalan’, di mana ada sebuah bus besar yang didalamnya berisi dapur dengan perlengkapan memasak yang bertaraf hotel bintang lima.

Pada kesempatan.itu.Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Sawahlunto, Irwan, melaporkan bahwa makanan siap saji dan bergizi dari ACT ini dibagikan kepada 5 SD dan 1 panti asuhan.

“Setiap SD itu memperoleh 50 porsi. Ada 5 SD yang menerima, yaitu SD 03 Aur Tajungkang, SD 13 Pasar Remaja, SD 10 Tanah Lapang, SD 05 Kubang Sirakuk, dan SD 03 Lubang Panjang. Kemudian untuk Panti Asuhan yakni Panti Asuhan di Mudik Air. Kalau untuk Panti Asuhan ini mendapatkan 20 porsi,” kata Irwan.

Sementara itu untuk menu makanan yang disajikan, dijelaskan oleh Manager ACT Solok, Marliandri, semua menu adalah makanan bergizi, jadi wajib mengandung karbohidrat, protein dan vitamin. Karena tujuan dari pembagian makanan ini adalah untuk perbaikan gizi pada keluarga pra – sejahtera dan anak – anak sekolah.

“ACT dengan Food Bus ini memberikan makanan bergizi yang diolah oleh chef/koki berpengalaman sehingga tidak hanya bergizi namun makanannya juga enak. Kalau untuk dapur yang memasak makanan ini, bisa dijamin karena peralatan masak di food bus ini merupakan peralatan memasak dari hotel bintang lima yang dipindahkan ke dalam bus,” ungkapnya.

Lebih lanjut.di sampaikan. Marliandri, food bus ini adalah mobile kitchen (dapur berjalan) pertama dan  satu – satunya di Indonesia. Kota Sawahlunto termasuk beruntung karena disinggahi pada gelombang pertama penggunaan bus ini oleh ACT.

Kegiatan.pembagian paket makanan bergizi dari ACT kepada pelajar SD dan Panti Asuhan ini pelaksanaannya turut dibantu oleh Pramuka Kwarcab Sawahlunto. Dengan Saka yang terlibat yakni Saka Bhayangkara dan Satgas Pramuka Peduli.

Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti, yang membuka kegiatan pembagian paket makanan bergizi dari ACT tersebut, menyampaikan terima kasih pada ACT atas perhatian dan bantuan makanan bergizi yang diserahkan pada anak – anak SD dan Panti Asuhan di Sawahlunto.

“Makanan yang bergizi dan diolah oleh chef berpengalaman dengan perlengkapan memasak dari hotel bintang lima, kami yakin ini akan memberikan makanan yang sehat dan enak pada anak – anak kita,” kata  Zohirin Sayuti.

Lebih lanjut.di sampaikan.Zohirin Sayuti, melihat kemampuan ACT dalam mengelola dana yang bersumber dari donasi umat untuk dibagikan kembali kepada masyarakat yang membutuhkan,  Zohirin Sayuti mengajak masyarakat Sawahlunto yang bisa untuk berdonasi agar ikut berdonasi pada ACT.

“Tidak perlu menunggu kaya untuk berbagi, sedikit tapi ikhlas akan sangat berharga artinya. Sekarang kalau kita ingin berbagi dengan berdonasi tentu melalui lembaga yang bisa menjaga amanah, nah inilah yang telah kita lihat ada pada ACT sekarang. Jadi saya mengajak masyarakat Sawahlunto jika ingin berdonasi, ACT bisa kita rekomendasikan,” pungkas Zohirin Sayuti.( Jun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *