TERBARU

Donny Indra Dt Rajo Diaceh Kembali Terpilih Sebagai Ketua KAN Salayo

133
×

Donny Indra Dt Rajo Diaceh Kembali Terpilih Sebagai Ketua KAN Salayo

Sebarkan artikel ini

Selayo,relasipublik – H. Donny Indra Dt. Rajo Diaceh, SH LLM kembali terpilih sebagai Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Salayo, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok. Kegiatan pemilihan ini berjalan lancar walaupun sempat adanya orasi dari masyarakat, di Kantor BPN Salayo Koto, Sabtu (23/7/22).

“Kita bersama-sama bertujuan lebih memajukan Nagari Salayo untuk bagaimana masyarakat lebih baik lagi ke depannya. Berharap masyarakat kita yang belum paham dengan tugas-tugas dan fungsi KAN, bisa diberi pemahaman tentang bagaimana yang sebenarnya adat kita ini,” kata Donny Indra Dt. Rajo Diaceh.

“Kalau kita lihat, memang ada segelintir masyarakat ada perbedaan dengan pengurusan KAN, tapi perbedaan itulah yang membuat kita bersikap lebih hati-hati, serta memperhatikan yang ada di nagari kita,” bebernya.

Saat kegiatan berlangsung, memang sempat terjadi orasi dari beberapa masyarakat Nagari Salayo. Ia mengkonfirmasi, kelompok tersebut merupakan mereka yang belum bisa menerima adanya tokoh pemangku adat seperti penghulu tujuh, niniak mamak, empat jinihnya dan orang bajinihnya.

“Jadi saran kita, kalau memang mereka mempunyai pandangan lain, coba mereka tulis buku, nantinya dengan itu bisa ditanggapi dengan yang lain, sehingga nantinya terjadi pencerahan,” terus Donny Indra.

“Nanti kalau masyarakat yang belum terima bisa menerima, kan tidak ada permasalahan, dengan itu juga masyarakat bisa berubah pula. Harapan kita ke depannya, dengan adanya pengurusan KAN terpilih mari kita bisa bersatu, sehingga dengan bersatunya ninik mamak dan masyarakat dari sinilah kita mencari kemajuan untuk nagari kita,” sebut Ketua KAN Salayo tersebut.

“Saya ucapkan terima kasih kepada para anggota kerapatan adat yang telah mengamanahkan saya untuk melanjutkan program ketua kembali. Ini adalah beban yang sangat berat saya emban, tanpa dukungan anggota secara bersama-sama, saya sebagai ketua tidak akan mampu menjalankan amanah tersebut. Ini tidak lepas dari kebersamaan barek samo pikua, ringan samo kito jinjiang,” katanya lagi.

“Ini yang perlu menjadi pemikiran bersama. Ibarat kita menaiki rumah panggung, tentu dari tangga bawah untuk mencapai atas, begitu juga pepatah kok babilang dari aso, mangaji dari alif. Melalui musyawarah, apa yang kita wacanakan serta rencanakan insha Allah terwujud demi marwah lembaga kerapatan adat untuk ke depannya,” ucap H. Donny Indra Dt. Rajo diaceh.

“Tidak lupa juga kami selaku pengurus KAN mengucapkan terima kasih kepada tim pemilihan yang dibantu oleh parik paga nagari, bundo kanduang, pemerintah nagari, panitia pelaksana yang telah bekerja keras bahu membahu, kemudian kepada aparat keamanan baik dari Polsek Kubung, Polres Solok serta Kodim yang ikut membantu untuk pengamanan sehingga suksesnya penyelenggaraan pemilihan kepengurusan KAN Nagari Salayo periode 2022-2027,” tutup Donny.

Di waktu yang sama, Marcos Sophan Tuan Malin Batuah selaku sekretaris panitia pelaksana menyampaikan rasa syukurnya atas terlaksananya pemilihan kepengurusan KAN yang baru ini.

“Meskipun sempat diwarnai aksi sekelompok orang, namun proses pemilihan Ketua KAN Salayo periode 2022-2027 tetap dapat dilaksanakan dengan baik di bawah pengamanan pemuda parik paga nagari bersama pihak Polri dan TNI serta linmas nagari, guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Marcos.

Ia membeberkan lebih lanjut, pengurus KAN bersama panitia sempat membuka ruang musyawarah hingga Jumat (22/7/22) malam, namun tidak ditemukan kata sepakat sehingga proses pemilihan tetap dilakukan sesuai jadwal yang telah ditetapkan, yakni pada Sabtu (23/7/22).

“Kita berharap ke depanya Ketua KAN terpilih bersama struktur yang akan dibentuk dapat melaksanakan tugas dan fungsi KAN lebih baik lagi dari kemarin, serta memperhatikan kritik dan saran-saran dari masyarakat Salayo maupun perantau sehingga pelestarian nilai-nilai adat Nagari Salayo dapat selalu terpelihara,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *