DaerahKota PadangpanjangTERBARU

GOW Padang Panjang Gelar Pengajian Saat Pertemuan Bulanan

114
×

GOW Padang Panjang Gelar Pengajian Saat Pertemuan Bulanan

Sebarkan artikel ini

PADANGPANJANG,RELASIPUBLIK–Gabungan Organisasi Wanita (GOW) menggelar pengajian dengan tema Salat Jamak dan Qasar pada pertemuan bulanan yang dilaksanakan di Masjid Taqwa, Selasa (26/7).

Adapun pelaksana kegiatan kali ini ialah organisasi Aisyiyah dan Bhayangkari Brimob.

Ketua GOW, Nova Era Yanthy Asrul, saat membuka kegiatan tersebut, menyampaikan terima kasih atas terlaksananya kegiatan yang dihadiri berbagai organisasi wanita di Kota Padang Panjang ini.

“Tema pengajian yang diangkat kali ini sangat bagus. Aktivitas perjalanan jauh yang kita tempuh, salat jangan sampai dilupakan. Bisa dilaksanakan dengan cara diqasar maupun dijamak. Penjelasan detail dapat kita pelajari di pengajian kali ini,” ujarnya.

Di samping itu, Era Asrul menuturkan, sejumlah kegiatan yang bakal melibatkan GOW pada 10 Agustus yakni Pertemuan Istri Kepala Daerah se-Sumatera Barat.

“Dari GOW bakal ikut berpartisipasi pada kegiatan ini untuk mengaji dan membaca doa. Untuk menyanyi Mars Padang Panjang digabung lima orang dari GOW, lima orang dari PKK dan lima orang dari Dharma Wanita,” sebutnya.

Sementara, itu Ketua Aisyiyah, Dra. Rusmaida Nasution mengatakan, pertemuan bulanan kali ini secara khusus mengangkat tema bimbingan rohani. “Memperbaharui ilmu yang ada, yang kita minta ialah pelaksanaan Salat Jamak dan Qasar. Sehingga lebih tertib dalam beribadah. Kita mengundang Ustaz Zulkifli, M.A,” ujarnya.

Pada penggalan ceramah, Ustaz Zulkifli menuturkan, yang membolehkan seseorang mengqasar (meringkas rakaat Salat Zuhur, Ashar, Isya menjadi dua rakaat), lantaran adanya perjalanan, keluar dari daerah dia tinggal menuju daerah lain. Sebagian ulama berpendapat keluar dari daerah seseorang tinggal, hukum Qasar sudah berlaku.

Sementara itu, Jamak (menghimpun dua waktu salat dalam satu waktu) dilakukan bila menemukan kesulitan, diperkirakan di perjalanan tidak memungkinkan lagi melaksanakan salat berikutnya. (h**s)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *