Berita UtamaDaerahKabupaten Tanah DatarTERBARU

Dibuka Bupati, 230 Niniak Mamak Ikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas

148
×

Dibuka Bupati, 230 Niniak Mamak Ikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas

Sebarkan artikel ini
Pelatihan peningkatan kapasitas Niniak Mamak se- Tanah Datar di Aula kantor Bupati pada Rabu (30/8). (Foto dok/d13)

TANAH DATAR, RELASI PUBLIK – Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM membuka secara resmi pelatihan peningkatan kapasitas Niniak Mamak se- Tanah Datar di Aula kantor Bupati pada Rabu (30/8).

Ketua panitia pelaksana kegiatan Masrul Yakin Dt. Paduko Kayo dalam laporannya menyampaikan bahwa pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari (30-31/8) yang akan diikuti oleh Niniak Mamak Nagari se-Kabupaten Tanah Datar.

” Semua peserta berjumlah 230 orang. Dibagi menjadi dua kelas (dua hari). Hari pertama sebanyak 115 orang dan hari kedua juga 115 orang. Kegiatan ini merupakan bagian kegiatan yang telah diprogramkan oleh LKAM (Lembaga Kerapatan Adat Minangkabau) Luhak Nan Tuo. Dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah Dokumen pelaksanaan Anggaran DPA Dinas PMDPPKB Kabupaten Tanah Datar tahun 2023″ urai Masrul.

Lebih lanjut Dt. Paduko Kayo menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kapasitas Niniak Mamak yang ada di Kabupaten Tanah Datar selama dua hari.

Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM mengucapkan terima kasih kepada LKAM Tanah Datar yang telah menggagas kegiatan ini.

“Tak bisa kita pungkiri bahwa akibat perkembangan teknologi informasi dan pengaruh globalisasi telah terjadi penurunan terhadap pemahaman dan pengamalan nilai-nilai keagamaan termasuk nilai-nilai adat. Dan ini merupakan permasalahan bagi kami sebagai pemimpin. Semoga kegiatan ini mampu memberikan langkah dan ide yang bisa kita diskusikan bersama guna mengambil langkah-langkah konkrit dalam pemecahan masalah”ujar Bupati.

Bupati juga berharap melalui kegiatan ini semua pihak lebih mampu menjalin komunikasi dan koordinasi dalam menanamkan nilai-nilai adat dan budaya kepada generasi penerus. Terakhir Bupati meminta semua Niniak Mamak meningkatkan pengawasan terhadap remaja dari pengaruh negatif globalisasi. (d13)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *