Berita UtamaKabupaten Pesisir SelatanTERBARU

Forum Perangkat Daerah: Sinkronisasi Renja Kominfo Kabupaten Pesisir Selatan 2025

436
×

Forum Perangkat Daerah: Sinkronisasi Renja Kominfo Kabupaten Pesisir Selatan 2025

Sebarkan artikel ini
Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Pesisir Selatan menyelenggarakan kegiatan Forum Perangkat Daerah. Ini merupakan salah satu tahapan yang dilaksanakan dalam perencanaan program/ kegiatan di masing Perangkat Daerah.. (Foto dok kominfo)

PAINAN, RELASI PUBLIK – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Pesisir Selatan mengadakan Forum Perangkat Daerah sebagai bagian dari proses sinkronisasi Rancangan Kerja (Renja) tahun 2025. Kegiatan ini merupakan langkah awal dalam perencanaan program dan kegiatan di setiap Perangkat Daerah yang terkait.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pesisir Selatan, Wendi, S.H., M.Hum, menyampaikan hal ini saat membuka kegiatan tersebut di kantor Dinas Kominfo, Painan, pada tanggal 21 Februari.

“Forum ini adalah sarana bagi pemangku kepentingan yang terkait dengan pelaksanaan kewenangan Dinas Kominfo untuk berdiskusi dan berkolaborasi,” ujar Wendi.

Lebih lanjut, Wendi menyatakan bahwa Forum Perangkat Daerah ini bertujuan untuk mengumpulkan masukan dan saran dari berbagai Perangkat Daerah yang memiliki keterkaitan dengan program dan kegiatan Kominfo.

Dalam sesi tersebut, masing-masing Bidang di Dinas Kominfo menyampaikan paparan mengenai rencana kerja kegiatannya. Sesi tersebut dimoderatori oleh Sekretaris Dinas, Hasrul Sani., S.T., M.Si.

Kepala Bidang Aplikasi Informatika, Syafrudin, S.H., M.Si, menegaskan bahwa salah satu prioritas Dinas Kominfo adalah program/kegiatan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Tata kelola dan manajemen sistem pemerintahan berbasis elektronik secara nasional sangat penting untuk meningkatkan keterpaduan dan efisiensi dalam pelayanan publik,” katanya.

Irwan Fahlifi, S.H, Kepala Bidang Statistik dan Persandian, menekankan pentingnya pengumpulan data bagi kebutuhan perencanaan masyarakat.

“Diskominfo memiliki peran penting sebagai penjaga data statistik sektoral, yang mengumpulkan dan mengolah data untuk disebarkan kepada instansi pemerintah dan masyarakat,” tambahnya.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Wildan, S.E., M.I.Kom., menjelaskan peran IKP sebagai pendukung dalam publikasi dan pengelolaan informasi.

“SKPD harus mampu bersinergi dengan media dalam menyebarkan informasi tentang program pembangunan kepada masyarakat,” ujarnya.

Diskusi antara peserta dilakukan untuk menciptakan sinergi dan kolaborasi antar perangkat daerah guna menyelaraskan program dan kegiatan secara optimal. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari berbagai SKPD terkait, baik secara online maupun offline, termasuk Dinas Perikanan dan Pangan, Kantor Satpol PP, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, serta Badan Pusat Statistik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *