Berita UtamaKota SolokTERBARU

Menuju Pembangunan Berkelanjutan, DLH Kota Solok Matangkan KLHS dan IKPLHD

82
×

Menuju Pembangunan Berkelanjutan, DLH Kota Solok Matangkan KLHS dan IKPLHD

Sebarkan artikel ini

Kota Solok,relasipublik- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Solok menerima kunjungan pembinaan penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) dan Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup (IKPLHD) dari perwakilan DLH Provinsi Sumatera Barat, Siska Wardeni, pada hari Kamis (29/02/24).

Acara ini dibuka oleh Kepala DLH Kota Solok, Edrizal, SH, MM, dan dihadiri oleh Sub Koordinator Kegiatan Pembinaan dan Informasi Lingkungan, Nelly Amrianis, SP, Sub Koordinator Kegiatan Perencanaan dan Kajian Dampak Lingkungan, Arif Ferdian, S.Si serta staf Bidang Penataan dan Penaatan.

Kadis DLH Kota Solok, Edrizal, menjelaskan bahwa pihaknya akan melaksanakan konsultasi publik pertama sebelum asistensi, diperkirakan pada tanggal 6 Maret. Konsultasi ini akan mengundang OPD se-Kota Solok, Kelompok masyarakat, serta Swasta, BUMN dan BUMD.

“Terkait jadwal asistensi dan validasi, kalau bisa validasi diusahakan selesai bulan Juni. Ada pilihan asistensi DLH yang ke Padang atau tim validator yang datang untuk verifikasi ke Solok,” ungkap Edrizal.

KLHS diperlukan untuk mengidentifikasi daya dukung dan kapasitas lingkungan hidup. Dalam konteks ini, penting untuk menilai hubungan antara Sumber Daya Alam (SDA), potensi daerah, dan penggunaan SDA dalam pembangunan berkelanjutan.

Sedangkan IKPLHD, hasilnya digunakan untuk penyusunan dilakukan penjaringan inovasi, jadi harus lebih spesifik saat penjabarannya.

“Ada data-data analisis informasi, dimulai dari inovasi yang akan dijalankan. Sementara di Kota Solok, kita mengikuti alur yang ada berdasarkan isu yang terjadi,” tambah Edrizal.

DLH Kota Solok menargetkan pada saat validasi final tidak terlalu banyak terjadi perbaikan dokumen tersebut.

Siska Wardeni dari DLH Provinsi Sumatera Barat menekankan bahwa data wajib ada sebagai kelengkapan dokumen, jadi saat validasi data harus tersedia terlebih dahulu.

“Perlunya juga dilakukan koordinasi lebih lanjut dengan OPD terkait upaya melengkapi dan penyempurnaan data-data, untuk penyempurnaan isu strategis pembangunan berkelanjutan,” kata Siska. (A2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *