Berita UtamaKabupaten Pesisir SelatanNasionalTERBARU

Kabupaten Pesisir Selatan Raih Penghargaan Adipura Kategori Kota Kecil untuk Prestasi dalam Kebersihan Lingkungan

519
×

Kabupaten Pesisir Selatan Raih Penghargaan Adipura Kategori Kota Kecil untuk Prestasi dalam Kebersihan Lingkungan

Sebarkan artikel ini
Penyerahan penghargaan Adipura itu dihadiri langsung oleh Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin didampingi Menteri KLHK RI, Siti Nurbaya, Selasa (5/3) di Auditorium Dr.Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti KLHK RI Jakarta. (Foto dok kominfo)

JAKARTA, RELASI PUBLIK – Kabupaten Pesisir Selatan meraih penghargaan Adipura Kategori Kota Kecil dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI. Penyerahan penghargaan Adipura tersebut diselenggarakan di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti KLHK RI Jakarta pada Selasa (5/3), dihadiri oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, serta Menteri KLHK RI, Siti Nurbaya.

Penghargaan bergengsi tersebut diterima oleh perwakilan Bupati Pesisir Selatan, Sekretaris Daerah Mawardi Roska, didampingi oleh sejumlah pejabat Dinas Permukiman, Pertanahan, dan Lingkungan Hidup (Perkimtan dan LH) Kabupaten Pesisir Selatan.

Menteri KLHK RI, Siti Nurbaya, dalam sambutannya menjelaskan bahwa Adipura adalah sebuah agenda nasional dan kebijakan yang telah dijalankan sejak tahun 1986. Penghargaan Adipura diberikan kepada kota/kabupaten yang berhasil mencapai standar tertentu dalam kebersihan, pengelolaan perkotaan, lingkungan, peningkatan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah, ekonomi hijau, dan fungsi ekologis untuk mencapai kota berkelanjutan.

“Program Adipura memiliki peran yang penting dalam menjaga lingkungan. Oleh karena itu, pemerintah kabupaten/kota diharapkan terus melakukan pengelolaan sampah yang terkoordinasi secara menyeluruh. Pemerintah daerah juga diharapkan aktif dalam mengoperasikan Tempat Pembuangan Akhir (TPA), mendorong pencapaian Ruang Terbuka Hijau (RTH), dan aspek lainnya,” ujar Siti Nurbaya.

Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, dalam pidatonya menegaskan bahwa kebijakan dan program Adipura di Indonesia akan terus ditingkatkan. Esensi dari Adipura harus tetap dijaga, dan peran aktif dari pemerintah daerah serta masyarakat sangatlah penting dalam menjaga kebersihan lingkungan dan pengelolaan sampah.

Masalah pengelolaan sampah dianggap sebagai isu yang kompleks dan menjadi fokus perhatian pemerintah. Upaya untuk mengurangi sampah sebesar 30 persen dan menangani sampah sebesar 70 persen terus dilakukan. Oleh karena itu, pemerintah daerah didorong untuk melaksanakan pengelolaan sampah secara terpadu dari hulu ke hilir.

“Adipura diharapkan dapat meningkatkan kontribusi dalam pengelolaan sampah dan mencapai target pengelolaan sampah rumah tangga serta sejenisnya. Pemerintah kabupaten dan kota diminta untuk mencapai target tersebut serta meningkatkan partisipasi aktif masyarakat,” tambah Wapres.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Pesisir Selatan, Mawardi Roska, menyatakan bahwa penghargaan Adipura menjadi motivasi bagi pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat untuk lebih meningkatkan peran dan fungsi dalam menciptakan lingkungan yang bersih serta pengelolaan sampah yang optimal.

“Atas nama pemerintah daerah, kami menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat melalui KLHK RI atas apresiasi yang diberikan berupa penghargaan Adipura. Kami berharap bahwa ke depan, peran pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan dalam menjaga lingkungan dan pengelolaan sampah akan terus meningkat,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *