BeritaKAMPUS UNP

Program Studi Pendidikan Profesi Guru Pascasarjana UNP Adakan Workshop Lesson Study

153
×

Program Studi Pendidikan Profesi Guru Pascasarjana UNP Adakan Workshop Lesson Study

Sebarkan artikel ini

Padang,relasipublik – Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Padang melaksanakan Workshop Lesson Study bagi mahasiswa dan guru Pamong PPG Prajabatan di Universitas Negeri Padang. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel UNP & Convention dan Aula Sekolah Pascasarjana UNP tersebut berlangsung mulai tanggal 10 – 11 Juli 2024 dan diikuti oleh sebanyak 1.161 orang mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 tahun 2023/2024 dan 239 orang Guru Pamong PPG UNP.

Dalam sambutannya saat membuka acara, Direktur Sekolah Pascasarjana, Prof. Yenni Rozimela, M. Ed., Ph. D menyampaikan bahwa Workshop Lesson Study ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dan guru Pamong PPG Prajabatan di Universitas Negeri Padang dengan pengetahuan dan keterampilan tentang Lesson Study sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan profesionalitas guru serta mewujudkan School Well Being.

Workshop Lesson Study yang berlangsung selama dua hari tersebut menghadirkan narasumber dosen UNP alumni program STOLS JICA Japan yang sudah mendapatkan beasiswa short course ke Jepang  untuk mempelajari Lesson Study langsung ke negara asalnya dan mendapat sertifikat sebagai expert Lesson Study dari JICA Japan. Koordinator tim narasumber, Dr. Nofrion, M. Pd yang sehari-hari adalah Kepala Subdit. Inovasi Pembelajaran dan MBKM, Direktorat Akademik UNP memaparkan bahwa narasumber berjumlah enam orang yaitu Dra.Fitrani Dwina,M. Ed (Alumni STOLS JICA Japan tahun 2013), Dr. Nofrion, M. Pd dan Dr. Marwan, M. Si (Alumni STOLS JICA Japan Tahun 2014), Dr. Muhyiatul Fadhilah,M. Si (Alumni STOLS JICA Japan 2016), Prof. Yenni Rozimela, M.Ed., Ph. D (Alumni STOLS JICA Japan tahun 2017) serta Dr. Zul Amri, M. Ed (Tim STOLS Indonesia). Lebih lanjut, Dr. Nofrion, M. Pd yang baru saja terpilih sebagai Sekretaris Umum Pengurus Pusat Asosiasi Lesson Study Indonesia/ALSI tersebut mengutarakan bahwa selama dua hari materi workshop meliputi; 1) Filosofi Lesson Study, 2) Chapter Design dan Lesson Design, 3) Open Class/Buka Kelas dan Teknik Observasi dan Dokumentasi, 4) Refleksi dan Redesign dan 5) Komunitas Belajar di Sekolah Berbasis Lesson Study untuk mewujudkan School Wellbeing.

Wakil Direktur 1 SPs UNP, Prof. Dr. Indang Dewata, M. Si, didampingi Wakil Direktur 2 SPs UNP, Prof. Dr. Oriza Chandra, MT dan Koordinator Program Studi PPG UNP, Dr. Andromeda, M. Si menjelaskan bahwa seluruh peserta workshop dibekali dengan Workshop Kit dan Buku Panduan Penerapan Lesson Study guna Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka. Workshop juga diisi dengan praktik Open Class yang memberikan pengalaman berharga kepada peserta untuk mengobservasi aktivitas belajar peserta didik secara tepat dan akurat sehingga konstruktir untuk merumuskan redesign pembelajaran. (hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *