BeritaKota Padang

Pemko Padang Ingatkan Warga 3 Hal Dasar Perlu Dilakukan Ketika Terjadi Bencana

74
×

Pemko Padang Ingatkan Warga 3 Hal Dasar Perlu Dilakukan Ketika Terjadi Bencana

Sebarkan artikel ini

Padang,relasipublik – Kota Padang salah satu daerah rawan bencana, seperti gempa, tsunami, banjir dan bencana lainnya. Untuk mengurangi risiko bencana, Asisten I Pemerintahan dan Kesra memaparkan terdapat tiga hal dasar yang dilakukan masyarakat ketika terjadi bencana.

Edi menjelaskan tiga hal dasar untuk mengurangi risiko bencana, diantaranya pra bencana, masa darurat dan pasca bencana.

Informasi tersebut disampaikannnya saat menjadi narasumber kegiatan pelatihan Kelompok Siaga Bencana Kecamatan Bungus Teluk Kabung, di salah satu hotel, Senin (26/8/2024).

“Di masa pra bencana, kita harus melakukan persiapan, sebab tidak ada yang tau kapan bencana itu terjadi, maka dari itu harus disiapkan, sebagai langkah awal sebelum terjadinya bencana, sehingga dapat memperkuat mitigasi sebelum terjadi,” jelasnya.

Kemudian, masa darurat yaitu masyarakat harus bisa mengurangi dampak risiko yang terjadi apabila bencana melanda, seperti ketika terjadinya gempa berlindung di bawah meja untuk menghindar dari benda-benda yang mungkin jatuh dan jendela, kenali bagian bangunan yang memiliki struktur kuat.

“Ketiga adalah, pasca bencana seperti pemulihan dengan mengetahui tempat-tempat maupun jalur-jalur evakuasi atau tempat aman agar bisa selamat apabila terjadi bencana. Memperhatikan bangunan yang terdampak aman untuk diakses atau dihuni, pastikan informasi dari sumber resmi dari BNPB, BMKG, ataupun BPBD,” ulasnya.

Ia memaparkan, persiapan yang penting dari ketiga tahapan tersebut adalah pra bencana, jika mitigasi dari pra bencana tidak berjalan maksimal, maka banyak yang takut dan cemas ketika terjadinya bencana.

“Sumber daya yang paling penting adalah manusia, pemerintah sebagai pengayom, maka dari itu kegiatan pelatihan ini kita lakukan dengan peran masyarakat, program yang dilakukan, serta anggaran yang nanti dibutuhkan. Maupun sarana dan prasarana pada kegiatan pelatihan Kelompok Siaga Bencana Kecamatan Bungus Teluk Kabung dapat mengedukasi masyarakat,” harapnya. (MA/Okta/Charlie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *