Berita UtamaKabupaten Pesisir SelatanTERBARU

Peringatan Hari Jadi Pessel ke – 75, Ketua DPRD Pessel: Tonggak Awal Evalusi Menatap Masa Depan

593
×

Peringatan Hari Jadi Pessel ke – 75, Ketua DPRD Pessel: Tonggak Awal Evalusi Menatap Masa Depan

Sebarkan artikel ini

PESSEL, RELASIPUBLIK. Com

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Pesisir Selatan ke – 75 tahun 2023 digelar melalui Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) digedung rapat DPRD setempat, Sabtu (15/4).

Rapat paripurna tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Pessel, Ermizen dihadiri Wakil Ketua Hakimin, Jamalus Yatim dan Aprial Abbas.

Kemudian, Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar, Wali Kota, Ketua DPRD Se- Sumbar.

Selanjutnya, Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldi, Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Sutan Riska Tuanku Kerajaan.

Kepala Forkompimda Pessel, Sekretaris Daerah Mawardi Riska, Sekretaris Dewan DPRD Pessel, BPK dan Staf ahli, asisten, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Ketua TP- PKK Yunesti Rusma Yul Anwar.

Pembacaan sejarah sekilas terbentuknya kabupaten Pesisir Selatan, rapat paripurna memperingati hari jadi Kabupaten Pesisir Selatan ke – 75 itu mengusung tema” Dengan Memperingati Hari Jadi Kabupaten Pesisir Selatan Kita Tingkatkan Stabilitas Daerah Menghadapi Pemilu Tahun 2024.

Pada sidang rapat paripurna Hari Jadi Kabupaten Pesisir Selatan ke – 75 Ermizen mengatakan di momen hari yang bersejarah ini bukan sekedar Evoria ataupun seremonia semata, namun semakin menambah rasa cinta pada Kabupaten Pesisir Selatan, seperti mengutip Jhon F. Kenndy”Jangan Tanyakan Apa Yang Negara Nerikan Kepadamu, Tapi Tanyakan Apa Yang Kamu Berikan Kepada Negara”.

Ermizen mengungkapkan hari jadi Kabupaten Pesisir Selatan ini sebagai tonggak awal untuk memperbaiki atau Evaluasi masa lalu menatap masa depan (Motivasi), menatap masa sekarang dan menatap masa depan.

Selain itu kedepan perlu ditingkatkan kebersamaan, komitmen bersama dan tekad bersama menyamakan persepsi visi dan misi dalam membangun kabupaten pesisir selatan yang sejahtera.

“Tahun ketiga Rusma Yul Anwar dan Rudi Hariansyah memimpin roda pemerintah di Pessel, kita berharap antara Eksekutif dan Legislatif bisa terus terjalin hubungan kemitraan yang lebih baik ungkap Ermizen.

“Saya juga berharap kepada Bupati dan Wakil Bupati bisa meningkatkan lagi kedisiplinan ASN nya, dan bisa menempatkan rotasi dan mutasi jabatan sesuai kemampuannya,”harap Ermizen.

Sementara perwakilan tokoh masyarakat pesisir selatan DR.dr Andani Eka Putra (Direktur Usaha dan Pengembangan Bisnis Universitas Andalas dan Kepala Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Universitas Andalas (Unand) Padang dalam sambutannya mengucapkan selamat memperingati hari Jadi Kabupaten Pesisir Selatan ke 75 semoga semoga menjadi pelecut pembangunan di daerah setempat.

Disamping itu, ia juga menyinggung angka kematian di pessel yang butuh aksi nyata dan kolaborasi antara Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit.

“Saya mengucapkan selamat hari jadi Kabupaten Pesisir Selatan ke – 75,”kata Andani Eka Putra.

Sementara itu, Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar dalam pidatonya mengajak pada generasi muda dan masyarakat momen Hari Jadi Kabupaten Pesisir Selatan ke -75 ini sebagai penambah referensi nilai – nilai sejarah berdirinya Kabupaten Pesisir Selatan.

Peran aktif, saran, kritikan dan masukan sifatnya membangun dari seluruh lapisan masyarakat, para perantau dan pihak terkait lainnya sangat berharga dalam membangun Pesisir Selatan. Baik sedang berjalan maupun akan segera berjalan.

Ia mengatakan ditengah keterbatasan dan kemampuan sisi keuangan daerah baik melalui tranfer umum, perimbangan APBD Pessel, Pemkab Pessel bersama OPD yang ada akan berusaha seoptimal dalam mewujudkan daerah itu sejahtera, bermartabat dan keadilan. Begitu juga dalam meningkatkan mutu pendidikan ditingkat SD dan SMP.

“Masukan dan benar – benar kita tunggu, guna pembangunan diwilayahnya,”kata Rusma Yul Anwar.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldi dalam sambutannya mengatakan sebagai Kabupaten tujuan wisawatan, pelayanan dan kunjungan wisatawan harus kita tingkatkan. Sumber Daya Alam (SDA) yang ada harus kita optimalisasikan secara optimal untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat di daerahnya.

Berdasarkan data yang ada 63,02 parsen usia produktif di kabupaten pesisir selatan. Dengan usia produktif di pessel bisa dioptimalkan sebagai penggerak ekonomi di Pessel. Begitu juga peran perantau (PKPS) yang cukup besar sehingga bisa menjadi kekuatan besar untuk membangun daerah.

“Saya berpesan kepada Bupati dan Wakil Bupati tetap menjaga harmonisasi semua pihak, lebih inovasi dan kreatif dan bangun kolaborasi semua pihak serta maksimalkan potensi SDA yang ada. Pemerintah Provinsi Sumatera Barat siap mendukung dan mendorong pembangunan di Kabupaten Pesisir Selatan sesuai dengan kewenangan yang ada,” ucapnya.

Acara kali itu juga dihadiri Mantan Bupati Pessel, BUMN, BUMD, tokoh masyarakat, ninik mamak, bunda kandung, ormas dan tokoh pemuda. Momen tesebut ditutupi dengan pemotongan kue.(Mil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *