BeritaBerita UtamaDaerahKabupaten Tanah DatarTERBARU

Kominfo Tanah Datar Gelar Rapat Koordinasi PPID Tingkatkan Pelayanan Publik

36
×

Kominfo Tanah Datar Gelar Rapat Koordinasi PPID Tingkatkan Pelayanan Publik

Sebarkan artikel ini
Rakor Diskominfo dengan PPID Tanah Datar. (Foto dok/d13)

TANAH DATAR, RELASI PUBLIK – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tanah Datar gelar Rapat Koordinasi (Rakor) antar Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di daerah itu Senin, (29/7/2024).

Ketua pelaksana yang juga Sekretaris Dinas Kominfo Tanah Datar, Lovely Harman mengatakan, rapat koordinasi tersebut bertujuan untuk mempertahankan Tanah Datar Informatif.

“Selain itu, juga bertujun untuk meningkatkan pelayanan informasi serta meningkatkan koordinasi antar pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID), kata Lovely.

Dia menyebut, Pemkab Tanah Datar menyikapi keterbukaan informasi dengan pengelolaan website pemerintah daerah dan media sosial, serta media massa baik itu media cetak, elektronik dan digital.

Rakor tersebut Dinas Kominfo mendatangkan narasumber dari Komisi Informasi Sumatera Barat dan Dinas Kominfo Tanah Datar.

“Diharapkan peserta rakor selaku pengelola bisa menambah informasi terkait pengelolaan PPID,” kata dia.

Sementara itu Sekretaris Daerah Tanah Datar Iqbal Ramadi Payana,
selaku atasan PPID utama Tanah Datar mengatakan, pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota wajib memiliki PPID seperti diamanatkan dalam UU Nomor 14 Tahun 2008.

“Menindaklanjuti hal tersebut Pemerintah Kabupaten Tanah Datar telah menunjuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) sesuai Keputusan Bupati Tanah Datar Nomor 555/116/Kominfo-2024 tanggal 19 Maret 2024 tentang perubahan atas keputusan bupati nomor 555/ 142/kominfo-2023 tanggal 14 maret 2023 tentang pembentukan pengelola layanan informasi dan dokumentasi di lingkungankabupaten Tanah Datar,” katanya.

“Salah satu tugas PPID adalah menyediakan informasi publik bagi pemohon informasi. Dengan adanya PPID diharapkan implementasi undang-undang keterbukaan informasi publik dapat berjalan efektif dan hak-hak publik terhadap informasi yang berkualitas secara nyata dapat terpenuhi,” tambahnya.

Lebih lanjut Iqbal menyebut pelayanan informasi, harus dilaksanakan dengan mempedomani azas transparansi, akuntabilitas, kondisional, partisipatif, dan kesamaan hak.

“Kelima azas inilah yang menjadi landasan bagi setiap pejabat publik dalam melayani masyarakat yang membutuhkan informasi. Tidak dapat dipungkuri lagi bahwa dengan keterbukaan informasi, masyarakat lebih menjadi aktif dan turut serta dalam mengawasi jalannya penyelenggaraan pemerintahan. Inilah yang menjadi dasar bahwa pejabat pengelola informasi dan dokumentasi harus mampu untuk menyediakan informasi yang diminta oleh masyarakat,” ujarnya. (d13)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *