Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
BeritaBerita UtamaDaerahKabupaten Pesisir SelatanTERBARU

Lakukan Verifikasi, Tim Bawaslu Sumbar Datangi Langsung Kantor Panwascam di Pessel

67
×

Lakukan Verifikasi, Tim Bawaslu Sumbar Datangi Langsung Kantor Panwascam di Pessel

Sebarkan artikel ini

PESSEL, RELASI PUBLIK – Jalankan agenda monitor pengawasan masa tenang Pemilu 2024, tim dari Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) turun langsung ke seluruh kabupaten dan kota di wilayah Sumbar untuk pemantauan, bahkan hingga tingkat Kecamatan. Seperti yang dilakukan oleh tim yang terdiri dari Taufik Firdaus, Rima Musdela, dan Putri Handayani Utami, dari Bawaslu Sumbar, di hari kedua monitoring, mengunjungi langsung kantor Panitia Pengawas Pemilu tingkat Kecamatan (Panwascam), di tiga lokasi di Kabupaten Pesisir Selatan, Minggu (11/2/2024).

“Tujuan kami kesini adalah untuk pengawasan. Tim kami diamanahkan untuk memastikan bahwa Kabupaten/Kota dan Panwascam melakukan pengawasan checking dan packing logistik serta pendistribusiannya. Kami juga melakukan verifikasi Form A logistik di tingkat Kabupaten/Kota dan Kecamatan,” ungkap anggota tim dari Bawaslu Sumbar, Putri Handayani Utami.

Hari itu, tim mendatangi tiga kantor Panwascam, yaitu Panwascam Bayang, Panwascam IV Nagari Bayang Utara, dan Panwascam Koto XI Tarusan.

“Dari ketiga kecamatan yang sudah kita kunjungi, secara substansial sudah bagus dan bisa memberi gambaran kondisi di lapangan, meskipun Form A logistik masih belum ada karena proses checking dan packing saat ini masih berlangsung di GOR, sampai besok, untuk ketiga kecamatan ini,” terang Putri, dengan timnya yang saat itu juga didampingi oleh Kepala Sekretariat Bawaslu Pesisir Selatan Rinaldi.

Dijelaskan, selain melakukan pengawasan, masing-masing tim pengawas, baik di tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota, Panwascam, sampai nanti di tingkat PTPS, diharuskan membuat laporan hasil pengawasan dalam bentuk form A.

“Form A hasil pengawasan menjadi alat yang penting jika nantinya ditemukan dugaan pelanggaran ataupun sengketa dalam seluruh tahapan pelaksanaan Pemilu ini. Oleh karena itu, perlu diperhatikan juga pembuatan dan pengarsipan form A pada setiap tahapan Pemilu,” tegas Putri.

Di hari yang sama, sebelumnya, tim monitor dari Bawaslu Sumbar juga ikut serta mengikuti Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang serta Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu tahun 2024, di Pantai Carocok Painan, yang dihadiri juga oleh Ketua Bawaslu Pesisir Selatan Afriki Musmaidi, Sekda Kabupaten Pesisir Selatan Mawardi Roska, dan Kapolres Pesisir Selatan AKBP Nurhadiansyah.

Sehari sebelumnya, tim juga telah mendatangi Kantor Bawaslu setempat dan melakukan koordinasi monitoring bersama seluruh komisioner, serta di malam harinya mengunjungi gudang logistik KPU yang berada di lokasi GOR Zaini Zain, Pesisir Selatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *