Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
BeritaBerita UtamaDaerahKabupaten Pesisir SelatanTERBARU

Normalisasi Batang Bayang Sani Terwujud, Tokoh Masyarakat Khairijal: Kami Apresiasi Kebijakan Bupati Rusma Yul Anwar

113
×

Normalisasi Batang Bayang Sani Terwujud, Tokoh Masyarakat Khairijal: Kami Apresiasi Kebijakan Bupati Rusma Yul Anwar

Sebarkan artikel ini
Tokoh masyarakat di Kenagarian Koto Berapak, Kecamatan Bayang, Khairijal Dt. Bagindo Kayo bersama mahasiswa KKN Baiturrahmah Padang, dilokasi Normalisasi Batang Bayang Sani. (Foto dok/Rls)

PESSEL, RELASI PUBLIK – Tokoh Masyarakat di Kenagarian Koto Barapak, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Khairijal Dt. Bagindo Kayo, mengapresiasi kebijkan Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, yang menggelontorkan anggaran untuk menormalisasi Batang Bayang Sani yang berpuluhan tahun memicu banjir.

Hal itu diungkapkan Khairijal Dt. Bagindo Kayo, saat dikunjungi mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Baiturrahmah Padang dilokasi normalisasi Batang Bayang Sani, Selasa (9/7/2024).

“Kegiatan yang berlangsung saat ini merupakan normalisasi Bayang Sani yang sumber pembiayaannya dari APBD atas kebijakan Bupati Pesisir Selatan,” ungkap Khairijal.

Khairijal menjelaskan, penanaganan normalisasi Bayang Sani yang dilaksanakan pada tahun ini adalah merupakan hal yang mendesak. Sebab, menurutnya, sudah lebih 70 tahun belum pernah dilakukan pengerukan.

“Sepengetahuan saya sudah lebih 70 tahun sungai Bayang Sani ini tidak pernah dilakukan normalisasi. Jadi wajar selama ini air tidak terarah, dan memicu terjadi banjir,” ujarnya.

Lebih lanjut, Khairijal juga menyampaikan terimakasih kepada Wali Nagari Koto Barapak yang juga gigih menyampaikan kepada Bupati bersama masyarakat.

Ia berharap, kegiatan normalisasi itu dapat membantu pencegahan banjir yang selama ini menghantui warga di Kenagarian Koto Barapak.

“Atas kegigihan kami bersama mendatangi Bupati. Alhamdulillah permintaan ini dikabulkan. Mudah-mudahan kegiatan ini berjalan dengan lancar,” harapnya.

Sementara itu, salah seorang masyarakat setempat, Ancin juga mengungkapkan hal yang sama.

Menurutnya, dengan adanya normalisasi Bayang Sani tersebut akan membantu terarahnya aliran sungai di Bayang Sani yang selama ini telah terjadi pendangkalan.

Sebab, kata dia, sejak terjadi pendangkalan tersebut, kampung mereka kerap dilanda banjir saat hujan datang. Bahkan, hujan dihulupun bisa memicu banjir.

“Jadi dengan ini, kami sangat berterimakasih pada pemerintah kabupaten, khususnya Bapak Bupati yang telah mengabulkan permohonan kami ini,” ungkapnya. (Mil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *