Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
BeritaBerita UtamaDaerahKabupaten SolokTERBARU

Pentas Seni Anak Nagari Simanau Memukau Masyarakat Solok

43
×

Pentas Seni Anak Nagari Simanau Memukau Masyarakat Solok

Sebarkan artikel ini
Penampilan pentas seni anak Nagari Simanau. (Foto dok/A2)

KAB. SOLOK, RELASI PUBLIK – Malam Minggu kemarin, halaman kantor wali nagari Simanau di Kecamatan Tiga Lurah, Kabupaten Solok, menjadi saksi kemeriahan yang luar biasa. Pentas seni anak nagari yang diselenggarakan oleh pemerintah nagari Simanau berhasil memukau seluruh masyarakat dengan penampilan seni tradisi dan kreasi yang memikat. Minggu malam (7/7/24),

Acara yang digelar di bawah langit sedikit mendung tersebut menampilkan berbagai pertunjukan seni dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Mulai dari tarian tradisional seperti tari piring dan tari rantak, hingga penampilan musik dan vokal yang energik, semuanya disajikan dengan semangat dan kreativitas yang tinggi.

Antusiasme yang luar biasa dari masyarakat terlihat jelas dengan membludaknya penonton yang hadir meskipun cuaca kurang mendukung. Mereka tidak hanya menyaksikan pertunjukan yang menghibur, tetapi juga edukatif ini dengan penuh semangat.

Dalam kesempatan tersebut, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok juga turut hadir, diwakili oleh Pamong Budaya Wirasto, SH., beserta staf. Wirasto menyampaikan kekagumannya atas penampilan seni yang ditunjukkan oleh masyarakat nagari Simanau, menegaskan bahwa ini membuktikan betapa kuatnya warisan seni dan budaya di nagari ini.

“Saya kagum dengan pentas seni yang dilakukan oleh masyarakat nagari Simanau. Ini membuktikan bahwa seni masih lestari dan terjaga di nagari ini,” ujar Wirasto dengan penuh apresiasi.

Lebih lanjut, Wirasto mengajak para remaja untuk terus mencintai dan melestarikan tradisi yang ada. Dalam upaya tersebut, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok berencana mengadakan lomba tari piring tradisional dalam rangka napak tilas Tour de Singkarak pada tanggal 3 Agustus 2024 di Dermaga Singkarak. Wirasto berharap sanggar seni nagari Simanau dapat berpartisipasi dalam lomba tersebut untuk memberi motivasi bagi generasi muda yang telah berlatih dengan tekun.

Ketua KAN Simanau, Sal Amri Dt. Sinaro Sati, yang juga hadir dalam acara tersebut, menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan ini. Ia berharap semakin banyak anak-anak yang akan terlibat dalam kegiatan serupa demi melestarikan tradisi dan budaya nagari Simanau.

“Pentas seni anak nagari Simanau ini menjadi bukti konkret bahwa seni dan budaya tidak hanya bertahan, tetapi juga terus digemari oleh masyarakat.”tuturnya

Acara ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk turut serta dalam melestarikan dan mempromosikan warisan budaya nagari Simanau, sekaligus menjadi daya tarik wisata yang potensial bagi Kabupaten Solok. (A2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *