Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
BeritaBerita UtamaDaerahKabupaten Tanah DatarTERBARU

Tetapkan Prioritas Pembangunan, Nagari Baringin Gelar Musnag

34
×

Tetapkan Prioritas Pembangunan, Nagari Baringin Gelar Musnag

Sebarkan artikel ini
Musyawarah Nagari Baringin Kecamatan Lima Kaum. (Foto dok/d13)

TANAH DATAR, RELASI PUBLIK – Demi merumuskan dan menyusun RKP( Rencana Kerja Pemerintah) tahun 2025 dan DURKP (Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah) tahun 2026, Nagari Baringin, Kecamatan Lima Kaum gelar Musyawarah Nagari (Musnag) pada Kamis (11/7).

Wali Nagari Baringin Rahmat Alyah Andri, Dt.Peto Kayo berharap kegiatan ini berjalan lancar dan memberikan hasil yang maksimal untuk Baringin.

“Musnag ini diawali dengan Musyawarah Jorong yang dilaksanakan pada Tiga Juli lalu dan telah didapatkan usulan-usulan melalui penggalian gagasan yang bersifat partisipasi dan melibatkan segenap elemen masyarakat dari masing-masing Jorong. Saya berharap partisipasi aktif dari semua pihak dalam diskusi dan penentuan Prioritas pembangunan” sampai Wali Nagari.

Selanjutnya Wali Nagari juga menghimbau masyarakat agar terus meningkatkan kewaspadaan berhubung perubahan cuaca ekstrim yang melanda Tanah Datar, tetap menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan pada saat Pemilihan Suara Ulang (PSU) 13 Juli.

Selanjutnya ketua BPRN Johanes menyampaikan bahwa Musnag hakikatnya diselenggarakan oleh BPRN untuk menyepakati hal-hal yang bersifat strategis.

“Perumusan RKP tahun 2025 dan DURKP 2026 merupakan penjabaran dari RPJM Nagari untuk jangka waktu satu tahun kedepan. Fungsi dari Musnag sebagai ruang partisipasi bagi masyarakat Nagari dan sebagai forum pengambilan keputusan tertinggi dalam penyelenggaraan pemerintahan” ujar Johanes.

Ketua tim pendamping Musnag Kabupaten Tanah Datar Riswandi. Dt.Monti Basa dalam arahannya menyampaikan bahwa Musnag merupakan agenda tahunan yang mempunyai landasan hukum.

“Dalam Musnag nanti, diharapkan Prioritas pembangunan ditentukan berdasarkan kebutuhan, bukan keinginan” ujar Riswandi

Lebih lanjut Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tanah Datar ini juga memaparkan visi dan misi Kabupaten Tanah Datar, berbagai macam Progul terutama Progul Satu Nagari Satu Event yang berada dibawah koordinator Dinas Parpora.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala OPD, Camat Lima Kaum Ikrar Pahlefi, Forkopimca, Tenaga Ahli, Tenaga Pendamping Desa dan Lokal Desa, Lembaga Unsur, kader dan tokoh masyarakat Baringin. Kegiatan ini ditutup dengan diskusi kelompok yang dipimpin oleh Camat Lima Kaum. (d13)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *