Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
BeritaBerita UtamaDaerahKabupaten Pesisir SelatanTERBARU

Tingkatkan Kualitas Secara Menyeluruh, Nagari Padang XI Punggasan Bangun Rumah Desa Sehat

70
×

Tingkatkan Kualitas Secara Menyeluruh, Nagari Padang XI Punggasan Bangun Rumah Desa Sehat

Sebarkan artikel ini
Nagari Padang XI Punggasan, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan melakukan pembangunan Rumah Desa Sehat. (Foto dok/Rls)

PESSEL, RELASI PUBLIK– Dalam upaya mendukung program pemerintah serta mewujudkan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Nagari Padang XI Punggasan, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan telah melaksanakan pembangunan Rumah Desa Sehat.

Pembangunan Rumah Desa Sehat tersebut dimulai pada tahun 2023 dan dibiayai melalui Dana Desa, dengan total anggaran Rp 218.731.255 untuk dua tahap pembangunan. Tahap kedua selesai dalam waktu 60 hari pada tahun 2024 ini

Rumah desa sehat merupakan sebuah pendekatan holistik yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di tingkat desa.

Demikian dikatakan Pejabat Wali Nagari Padang XI Punggasan, Andri Ridhayah Agoes, A. Md kepada Wartawan media online ini melalui telepon selulernya, Selasa 09 Juli 2024.

Selain itu rumah desa sehat juga berfungsi sebagai tempat penyuluhan kesehatan tentang berbagai topik seperti gizi, kesehatan dan anak, penyakit menular dan kesehatan mental, sebagai tempat pemeriksaan gratis bagi masyarakat desa, pendistribusian obat-obatan dan vitamin, pelatihan kader kesehatan, kegiatan Germas(Gerakan Masyarakat Sehat), koordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan kesehatan.

Selain itu kata Pj. Wali Nagari , sebagai gedung serbaguna untuk memfasilitasi peran strategis dalam mendukung berbagai kegiatan nagari, seperti musyawarah dan pertemuan kader nagari.

Dia menerangkan bahwa kegiatan pembangunan tersebut mencerminkan kolaborasi antara pemerintah nagari dan masyarakat untuk memastikan kelancaran semua kegiatan di nagari.

Kelanjutan pembangunannya saat ini menjadi bentuk apresiasi terhadap upaya bersama dalam mencapai tujuan pembangunan, yang diharapkan dapat selesai pada bulan Juli 2024, untuk meningkatkan kualitas hidup di Nagari Padang XI Punggasan secara keseluruhan, ujar Pj wali nagari . (Sesri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *