Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
BeritaBerita UtamaDaerahKabupaten Tanah DatarTERBARU

Vasco Cahaya Baru Sumatera Barat

55
×

Vasco Cahaya Baru Sumatera Barat

Sebarkan artikel ini
Vasco Ruseymi. (Foto dok/Rls)

Oleh : Anggra Islami Dasya (Anak muda yang peduli dengan kampung halaman

TANAH DATAR, RELASI PUBLIK – Awal Juli 2024 memasuki pertengahan tahun sekaligus menandakan dekatnya pilkada serentak yang akan berlangsung terutama di Sumatera Barat.

Pilkada serentak tersebut merupakan inovasi yang sangat penting dalam perkembangan demokrasi Indonesia. Pilkada yang diselenggarakan sejak pertengahn tahun 2005 telah memberikan legitimasi kepemimpinan daerah yang demokratis.

Menuju Pilkada serentak ini, public mulai mereka-reka siapa calon pemimpin SumBar yang mampu memberikan terobosan besar pada Pembangunan yang bersifat infrastruktur maupun non-infrastruktur.

Tokoh yang mencuat dan sangat santer menjadi perbincangan Masyarakat adalah Vasco Ruseimy setelah Andre Roshiade mengumumkan melalui media bahwa uda Vasco mendapat tugas dari pusat untuk maju dalam Pilgub Sumbar.

Sebagai pemilih rasional serta sebagai generasi muda, penulis mencoba menjelaskan alasan kenapa Uda Vasco Ruseimy pantas dan harus maju dalam pemilihan gubernur Sumbar periode 2024-2029 ini.

Pertama, Uda Vasco adalah Tokoh muda DPP Gerindra yang memiliki koneksi ke pusat. Hadirnya uda Vasco, akan menjadi solusi dalam pembagian tugas dalam kepemimpinan Sumbar 5 tahun kedepan bagi siapapun pasangannya. Koneksi Uda Vasco, akan menjadi kunci dalam Pembangunan Sumatera Barat.

Pembangunan Sumatera Barat menjadi perbincangan Masyarakat beberapa waktu yang lalu terutama soal infrastruktur. Bukan tanpa alasan, Masyarakat merefleksi pembangunan dari daerah provinsi tetangga yang paling dekat dengan Sumatera Barat contohnya Riau dan Jambi.

Sumbar sebagai daerah yang dianugerahi alam yang indah dan masakan dengan cita rasa terbaik di dunia membutuhkan infrastruktur yang cukup untuk menyongsong daerah tujuan pariwisata.

Pembangunan infraktruktur Sumatera barat ini akan memberikan kontribusi besar dalam pergerakan ekonomi rakyat baik bersifat Mikro maupun Makro. Mengejar ketertinggalan Pembangunan infrastruktur adah PR besar bagi kepemimpinan Sumbar kedepannya.

Kedua, Uda Vasco adalah tokoh muda yang menjadi keterwakilan generasi muda di ranah eksekutif. Partisipasi generasi muda Sumatera barat pada tahun 2024 ini berdasarkan catatan Komisi Pemilihan Umum mencapai 58,7 persen atau kita estimasikan hampir 59%.

Ketua KPU Sumbar Surya Efitrimen mengatakan, jumlah pemilih muda di Sumbar mencapai 2.400.072 orang dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 4.088.606 orang. Rinciannya, generasi Y atau Milenial (kelahiran tahun 1981- 1996) sebanyak 1.310.821 orang dan generasi Z (kelahiran 1997-2012) sebanyak 1.089.251 orang. Artinya partisipasi generasi muda kali ini akan menjadi peran penting dalam pesta demokrasi Sumbar.

Ketiga, hubungan emosional yang kuat dengan Pak Prabowo sebagai calon
presiden terpilih periode 2024-2029. Tidak bisa kita pungkiri, hubungan emosional akan memberikan rasa percaya dan keintiman yang kuat dalam membangun visi besar Sumatera Barat kedepannya.

Koneksi emosional uda Vasco akan membuat komunikasi yang kuat antara pemerintah daerah dan pusat kedepannya. Komunikasi yang baik tentu akan mempererat ikatan yang langgeng sehingga akan menjadikan Sumbar sebagai salah satu daerah tujuan prioritas untuk program pusat ke daerah. Uda Vasco akan menjadi pintu penghubung antara Presiden terpilih dan program pemerintah daerah.

Keempat Uda Vasco adalah sosok tokoh muda yang dekat dengan tokoh masyarakat (Tungku Tigo Sajarangan) Tungku Tigo Sajarangan adalah Entitas yang menjadi pilar penting selama alam Sumatera Barat terkembang.

Dalam setiap layatannya ke Sumatera Barat , uda Vasco melibatkan Niniak Mamak, Alim ulama, dan Cadiak Pandai di Sumatera Barat dalam menambah pandangannya tentang Sumatera Barat yang akan datang.

Uda Vasco meyakini kehadiran Tungku Tigo Sajarangan disisinya akan menentukan kepemimpinan ideal bagi Sumatera Barat. Pertemuan uda Vasco dengan Fauzi Bahar ketua LKAM Sumatera barat kemarin saja memberikan bukti bahwa beliau adalah sosok pendengar yang baik.

Kelima, Politisi muda berpengalaman yang malang melintang di kancah Nasional. Umur boleh muda tapi soal pengalaman jangan ditanya, penulis yakin bahwa guyonan tersebut sangat cocok untuk uda Vasco.

Pengalaman di kancah Nasional sejak usia belia hingga diberikan tugas sebagai Badan Pemenangan Nasional adalah bukti keahlian yang tak perlu ditanyakan lagi. Selain itu, Uda Vasco juga aktif di berbagai organisasi.

Seperti tercatat sebagai salah satu pendiri dan Wakil Ketua Umum Syarikat Kebangkitan Pemuda Islam (SKPI). Kemudian juga pernah menjabat Wakil Sekretaris Jenderal Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Wakil Ketua Dewan Pakar DPP Gekrafs hingga Ketua BPP Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI).

Keenam, Uda Vasco punya elektabilitas tinggi di Sumatera Barat. Elektabilitas dan popularitas dalam pemilihan Electoral adalah Core penting menuju keterpilihan. Sederhananya, elektabilitas dan popularitas menunjukkan tingkat kepercayaan publik dan angka yang menunjukkan seberapa diperhitungkannya seseorang dalam pentas politik.

Elektabilitas uda Vasco di Sumatera Barat sangat tinggi yang ditunjukkan oleh kepercayaan Masyarakat kemarin di Pileg. Sebagai tokoh muda yang balik kampung, antusias masyarakat kepada uda Vasco menunjukkan tren positif.

Apalagi, ini soal “alah baguno untuk pulang kampuang mambangun Ranah Nagari”. Tren positif ini akan terus progresif karena ketokohan uda Vasco yang akrab dengan siapapun.

Ketujuh, Uda Vasco adalah tokoh muda yang memperjuangkan politik nilai, bagi uda Vasco politik bukan soal tentang perolehan kekuasaan tetapi soal membangun nilai manfaat seluas-luasnya melalui regulasi yang adil dan memakmurkan.

Aktualisasi nilai ini tercermin dalam kehidupan pribadi maupun cara memperlakukan kawan dan rival dalam politik.Sebagai politisi muda , uda Vasco memiliki nilai idealisme yang selalu beliau tanamkan. Tidak ujug-ujug, nilai-nilai ini beliau dapatkan melalui tokoh bangsa terutama dari Ranah Minang.

Kebanggaan beliau sebagai Rang Mudo Minang ini di realisasikan dalam keseharian yang memperjuangkan nilai masyarakat dalam setiap kesempatan dan kepercayaan yang diberikan.

Alasan-alasan ini bukan sekedar untuk” mangapik daun Kunyik ” tetapi sebagai
salah satu persuasi penulis kenapa uda Vasco pantas menjadi pemimpin Sumbar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *